Jenis-jenis jaringan komputer

Halooo saya Ipad Padlan Al' Munawar orang paling ganteng di dunia tercinta ini, kali ini saya kembali hadir memberi informasi kepada anda-anda semua. Ya, kali ini saya akan membahas perihal jenis-jenis jaringan komputer. Jaringan komputer minggu-minggu yang lalu pernah teman-teman sya di  SCC (student Computer Club) minggu-minggu yang lalu, dan kesempatan kali ini saya akan membahas jenis-jenisnya. Jenis-jenis jaringan komputer ada beberapa macam, Diantaranya adalah berikut.

 

 

Jenis-jenis Jaringan komputer


Berikut ini adalah jenis-jenis jaringanb dari komputer



1. LAN (Local Area Network)


LAN (Local Area Network) merupakan jaringan yang ada dalam sebuah gedung atau sebuah area yang berukuran sampai beberapa Km. LAN hanya digunakan untuk menggabungkan komputer-komputer pribadi dan perangkat lainnya. seperti printer dan saling bertukar informasi, dan juga Jaringfan LAN ini sering digunakan di berbagai kantor-kantor perusahaan untuk memudahkan mengirimkan data dan sebagainya.





2. MAN (Metropolitan Area Network)

  


MAN (Metropolitan Area Network) hampir sama dengan LAN, MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang serupa dengan LAN. Jika tadi LAN hanya mampu mencakup sebuah gedung atau sebuah area, MAN mencakup kantor-kantor, perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) ataupun umum. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan berhubungan jaringan TV kabel.






3. WAN (Wide Area Network)





WAN (Wide Area Network) adalah jenis jaringan yang lebih canggih dan lebih luas dari pada jaringan LAN ataupun MAN. Bedanya sangat jauh sekali, WAN bisa digunakan untuk menghubungkan negara satu dengan negara lain bahkan menghubungkan benua satu dengan benua yang lain, karena jauhnya jangkauannya WAN membutuhkan satelit untuk terkoneksi secara cepat dan juga membutuhkan kabel fiber optic yang di tanam di bawah tanah atau di bawah laut.



4. Internet



Internet adalah jaringan global yang sangat mendunia. Karena internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga membuat komunikasi dan transfer data atau file menjadi mudah dan cepat. Internet juga bisa disebut kumpulan jaringan dari seluruh dunia yang saling berkoneksi.

5.Wireless (Jaringan tanpa kabel)



Wireless merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan media transisi jaringan tanpa kabel. Media yang digunakan biasanya melalui gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan lain-lain. Wireless di tujukan untuk mobilitas yang tinggi.


Untuk jenis-jenis jaringan di dunia ini mungkin hanya ada lima yang saya tahu. Mungkin ke dpannya akan ada rancangan jaringan yang lebih canggih lagi, sekian dari saya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Previous
Next Post »