Pengenalan Komputer - Student Computer Club

Sebelum kawan kawan menanyakan apa itu komputer yuk kita kenalan dulu!!! apa si,, komputer itu? kapan komputer pertama kali diciptakan ???
Dalam sejarah komputer yang saya baca menurut saya tidak ada awal  atau asal mula terciptannya komputer langsung menjadi system yang dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti sekarang. Tetapi system komputer tercipta dari berbagai mesin yang diciptakan oleh para ilmuan ilmuan hebat yang secara bertahap menciptakan mesin hitung dan dikembangkan sampai menjadi system komputer yang canggih. Untuk lebih lanjutnya mungkin bisa anda baca artikel dibawah ini !

 Pengenalan Sejarah Komputer
Kata "computer" pertama kali tercatat pada tahun 1913 yang hanya bisa melakukan calculation dan computation.Sampai abad ke -19 pun  penggunaan komputer masih sama hanya untuk perhitungan saja.

1.Komputer Mekanis Pertama
Komputer mekanis pertama di kembangkan oleh Charles Babbage pada tahun 1822 yang bertujuan untuk mengembangkan Diference Engine dan dianggap sebagai mesin komputasi otomatis pertama yang mampu menghitung beberapa set angka dan hasilnya berupa penyalinan data yang asli (hard copy).Namun Semua program yang di jalankannya tidak begitu berjalan lancar dikarenakan keterbatasan dana yang ia miliki.Tetapi pada bulan Juni 1991 MSL menyelesaikan diference engine no.2 dan mnyelesaikan mekanisme percetakan pda tahun 2000.


setelah itu, pada tahun 1837 Charles Babbage mengusulkan komputer mekanik pertama yang disebut Analytical engine atau mesin analitik yang berisi Arhitmatka Logical Unit (ALU) . karena program ini di jalankan pada saat charles babbage masih hidup jadi program ini tidak begitu berkembang dengan baik. tetapi mesinini diteruskan oleh putra bungsunya Henry Babbage yang berhasil menyelesaikan sebagian mesin perhitungan tersebut.

2.Komputer PC Pertama di Perkenalkan

Pada tanggal 7 april 1953 , IBM memperkenalkan kepada public yang merupakan komputer listrik dan merupakan komputer pc pertama yang di produksi secara massal. komputer tersebut memiliki processor 8088, 16 kb memory , dan diperluas hingga 256  kb yang memanfaatkan MS-DOS.

Pengenalan System Komputer Yang Semakin Berkembang
Dalam sistem komputer terdapat 3 unsur yang tidak dapat dipisahahkan yaitu : Hardware,Software, dan Brainware


1. Hardware (Perangkat Keras)
      Hardware adalah alat yang berhubungan dengan komputer atau elektronika yang bisa dilihat dan diraba oleh indra manusia.



contoh beberapa perangkat keras:

  1. Motherboard <papan induk> : adalah sebuah papan yang mengikat beberapa komponen  menjadi satu melalui slot,soket dan port
  2. RAM<Random Access Memory> : adalah media penyimpanan data secara sementara
  3. Harddisk : adalah media penyimpanan secara permanen
  4. Processor <otak komputer> : adalah perangkat komputer yang bertugas melakukan perhitungan dan intruksi
     
  5. VGA card <Video Grafics Adapter> : adalah perangkat komputer yangbertugas untuk melakukan perhitungan dan instruksi
  6. Optical Disk Drive : adalah komponen komputer yang berfungsi untuk membaca dan memburning CD atau DVD
     
  7. Power Supply : adalah alat yang berfungsi untuk menyupply arus listrik ke komponen lainnya
  8. Monitor : berfungsi untuk menampilkan gambar
  9. Keyboard : alat untuk memasukan huruf,angkadan symbol
  10. Mouse : berfungsi untuk menggerakan pointer
2. Software (Perangkat Lunak)
    Software merupakan kebalikan dari hardware jadi, Software adalah perangkat yang lunak yang hanya bisa dilihat saja namun hanya saja software tidak bisa diraba.
contohnya : adalah aplikasi aplikasi yang terdapat dalam system komputer dan sebagainya






3. Brainware (Pengguna)
      Brainware adalah si pengguna dari perangkat  hardware atau software yang bertujuan untuk menjalankan system komputer tersebut.


Mungkin cukup sekian informasi dari saya, kalau ada salah salah kata mohon maaf, kalau kata kata nya kurang jelas mohon dimaklumi, karena saya bukan ilmuan hebat yang bisa melontarkan kata kata yang bijak . Tetapi saya hanya orang biasa yang sedang mencari ilmu dan ingin berbagi informasi kepada kalian semua.
Terimakasih,,, Semoga Bermanfaat
wassalam


Thanks For Reading

Previous
Next Post »