Cara Sederhana Mendapatkan Kualitas Tidur yang Terbaik

Cara Sederhana Mendapatkan Kualitas Tidur yang Terbaik

Tidur Meupakan sebuah rutinitas yang biasa dilakukan manusia dengan tujuan untuk mengistirahatkan tubuh dari banyak nya aktivitas selama seharian penuh. Namun sayangnya dalam tidur ini kebanyakan dari manusia didunia ternyata memiliki kualitas tidur yang kurang baik alias buruk, Hal ini sendiri dikarenakan oleh pola tidur yang kurang tepat bahkan karena posisi tidur yang tidak nyaman. Sehingga membuat kualitas tidur menjadi kurang alias buruk.

Sebagai makhluk hidup manusia sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat yang cukup yakni dengan cara tidur, dikarenakan tanpa tidur manusia akan kehilangan keseimbangan dan bahkan akan berdampak fatal bagi kesehatan fisik maupun kejiawaannya jika manusia kekurrangan tidur. Salah satu Dampak buruk bagi kejiwaan yakni orang yang kurang tidur emosinya akan mudah terganggu dan jika terganggu sedikit saja akan sering marah serta tidak bisa berfikir jernih dalam memecahkan masalah. maka disini kita mengambil kesimpulan jika tidur yang berkualitas memanglah sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Nah Lalu bagaimana cara mendapatkan Kualitas tidur yang berkualitas ? Disini mari kita bahas


CARA SEDERHANA MENDAPATKAN TIDUR BERKUALITAS

Cara Sederhana Mendapatkan Kualitas Tidur yang TerbaikSalah satu Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas adalah dengan cara menghadap ke kanan cara ini merupakan anjuran / cara tidur dalam islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallalahu ‘alahi wassalam. meskipun dianjurkan menghadap ke kanan boleh sesekali dilakukan menghadap kiri. Perlu Diketahui Jika Manfaat dari tidur menghadap kanan adalah mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dengan baik. Jika anda mempunyai masalah penyakit jantung coba lakukan cara tidur ini, carilah posisi letak jantung kalian, tentu kalian akan merasakan detak jantung kalian pada dada sebelah kiri. saat tidur menghadap ke kanan maka tubuh bagian kiri kita berada di atas. coba bayang kan, air lebih lancara mengalir menuju permukaan yang lebih tinggi atau yang lebih rendah. Benar, sifat air adalah selalu menuju kepermukaan yang lebih rendah. saat air dialirkan menuju permukaan yang lebih tinggi maka aliran air harus lebih kuat untuk mencapai atas permukaan dan mendorong pompa untuk mengalirkan air lebih deras. dan pompa di dalam tubuh kita adalah jantung, jika tubuh kita menghadap ke kiri maka jantung kita akan bekerja lebih berat dikarenakan harus memompa darah keseluruh tubuh melawan gaya gravitasi sedangkan jika tubuh menghadap kanan akan meringankan kerja jantung karena darah cenderung mengalir menuju tempat yang lebih rendah.

Tidurlah dalam keadaan gelap, Anjuran mematikan lampu saat tidur merupakan sunnah Nabi Muhammad Shallalahu ‘alahi wassalam. kebiasaan Nabi Muhammad Shallalahu ‘alahi wassalam tidur dalam keadaan gelap memiliki dampak yang luar biasa bagi kesehatan. dengan tidur dalam keadaan gelap maka tubuh akan memproduksi hormon yang bernama Melatonin.

Sholehah mengungkapkan dalam artikelnya yang berjudul penanganan insomnia bahwa "Melatonin adalah hormon yang dibentuk di glandula pineal, yaitu sebuah kelenjar yang hanya sebesar kacang tanah yang terletak di antara kedua sisi otak. Hormon ini mempunyai fungsi yang sangat khas karena produksinya dipicu oleh gelap dan hening tetapi dapat dihambat oleh sinar yang terang".

pendapat tersebut menuturkan jelas bahwa melatonin hanya dapat diproduksi dalam keadaan gelap, jika kita tidur dalam keadaan lampu yang terang maka tubuh tidak akan mampu untuk memproduksi hormon melatonin secara maksimal dan akibatnya makan kualitas tidur akan berkurang.

Ahmad (2013:34) Menyatakan bahwa "Hormon melatonin adalah hormon yang memiliki fungsi sangat banyak, diantaranya adalah melindungi sel, mengatur regulasi sistem pencernaan (di usus dan pankreas), pertahanan tubuh (sistem imun), peredaran darah. Hormon melatonin ini akan bekerja sempurna dalam kegelapan (ketika mata tidak menangkap cahaya) pada fase-fase tertentu jam biologis (Circardian rhytm)".

tidur dalam keadaan gelap lebih baik untuk kesehatan seperti yang diungkapkan dalam teori di atas bahwa melatonin dapat melindungi sel oleh karena itu orang yang tidur dalam keadaan gelap kulitnya akan terlihat lebih segar dan kencang. tidur yang kualitas juga dapat membuat fisik lebih kuat dan tidak gampang sakit dikarenakan salah satu fungsi melatonin mampu meningkatkan pertahanan tubuh(sistem imun). dan yang terakhir kualitas tidur seseorang yang baik tidak akan terserang migran, terjadinya migran karena tidak lancarnya aliran darah menuju otak, dengan mematikan lampu saat tidur tentu akan memproduksi hormon melatoni yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Ayo mulai sekarang ingat matikan lampu sebelu tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik sehingga tubuh kita selalu sehat dan segar serta membuat emosional kita lebih stabil. selain itu yang paling penting tidur dalam gelap adalah Sunnah Nabi yang apabila kita melakukannya kita mendapatkan pahala ibadah. dan jangan lupa berdo'a.

Daftar Pustaka

Ahmad, Mujahidin. 2013. Konservasi Air dan Energi dengan Menghidupkan Sunnah Nabi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang. El-Hayah Vol. 4, No.1 September 2013.

Sholehah, Liya Rosdiana. Penanganan Insomnia. Bagian/SMF Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/Rumah Sakit Umum: Denpasar.
Newest
Previous
Next Post »