Ternyata ini Alasan Jepang Di Juluki Tanah Matahari Terbit

Seperti yang diketahui bersama jika Negara jepang sudah terbiasa dijuliki dengan nama tanah matahari terbit hal ini dikarenakan Negara jepang tersebut pernah menjadi salah satu negara yang paling berpengaruh di dunia karena kemajuan teknologinya.

Bahkan sampai dengan saat ini Banyak orang memilih Negeri Jepang sebagai tempat untuk belajar teknologi disana dan bahkan untuk bekerja disana. Perlu Juga diketahui jika Negara Jepang memiliki keanekaragaman budaya yang beragam dan sangat unik dan pastinya tidak bisa ditemui di negara lain. Kondisi Alamnya yang terjaga dan indah yang membuat negara ini menjadi salah satu negara yang memiliki banyak wisatawan  dari seluruh dunia untuk berlibur. Namun, tahukah anda mengapa Jepang ini dijuluki sebagai tanah matahari terbit?

Pastinya julukan ini tidak sekedar julukan melainkan memiliki arti dan makna. Ada yang sudah tau alasannya ada juga yang belum tau pula alasan Negara ini disebut sebagai tanah matahari terbit. Inilah dua alasan Jepang dijuluki dengan tanah matahari terbit:

Ternyata ini Alasan Jepang Di Juluki Tanah Matahari Terbit


Ternyata ini Alasan Jepang Di Juluki Tanah Matahari Terbit


Alasan pertama, dahulunya sebelum Negara Jepang memiliki hubungan dengan Cina, Negara ini lebih terkenal dengan nama Yamato. Di Cina sendiri pada zaman tiga Negara, sebutan Negara jepang adalah negawa Wa karena menjadi salah satu dari ketiga Negara tersebut. Melalui bahasa Cina dengan menggunakan dialek Shanghai yakni salah satu dialek Wu, Jepang dibaca dengan arti Zeppen. Sedangkan secara tidak resmi Jepang dibaca dengan arti Ni dan secara resmi di baca Ze. Untuk dialek Wu bagian selatan Jepang dibaca Nippen yang artinya tanah matahari terbit.

Di Indonesia kata Jepang diperkirakan berasal dari bahasa Cina yaitu Nippen. Dari bahasa melayu kuno Negara ini disebut Jepang dan di bahasa Malaysia adalah Jepun. Kata Jepang dari bahasa melayu ini selanjutnya dibawa oleh pedagang Portugis ke dunia barat sehingga nama Nippon berubah menjadi Jepang.
Pemerintahan Jepang lebih senang negaranya di sebut dengan Nippon terutama dalam urusan-urusan resmi termasuk nama Negara di dalam uang Jepang, pertandingan olahraga internasional dan perangko. Sedangkan nama Nihon digunakan untuk urusan yang dibicarakan sehari-hari.

Jepang dahulunya memiliki nama Nippon atau Nihon. Kedua kata ini ditulis menggunakan huruf kanji yang memiliki makna yang sama yaitu asal matahari. Inilah alasan pertama mengapa Jepang disebut sebagai tanah matahari terbit.

Di Indonesia kata Jepang diperkirakan berasal dari bahasa Cina yaitu Cina dialek Wu. Dari bahasa melayu kuno Negara ini disebut Jepang dan di bahasa Malaysia adalah Jepun. Kata Jepang dari bahasa melayu ini selanjutnya dibawa oleh pedagang Portugis ke dunia barat.

Dengan kata lain, julukan tanah matahari terbit mulai terkenal semenjak adanya hubungan antara kekaisaran Jepang dan Dinasti Cina yaitu merujuk pada letak Negara Jepang yang memang berada di sebelah timur Negara Cina sehingga orang Cina menyebut Jepang sebagai tanah matahari terbit.

Nah itulah alasan mengapa Jepang disebut sebagai tanah matahari terbit. Karena Jepang berasal dari dua kata Nippon dan Nihon yang berarti matahari terbit. Atau bisa juga karena Jepang berada dibagian timur Negara Cina sehingga orang Cina mengatakannya Negara matahari terbit.
Previous
Next Post »