Buku Digital -student computer club

       Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi info tentang buku digital. Apakah anda tahu buku digital itu apa? Mari kita cari tahu jawabannya.

       Buku digital adalah sejenis buku yang ditampilkan dalam bentuk file yang bisa ditampilkan di PC anda. Buku digital yang biasa disebut ebook ini berfungsi sebagai :
  • Sebagai sarana pembelajaran.
  • Untuk media pembelajaran.
  • Untuk media bisnis.
Selain fungsi, buku digital juga bertujuan untuk :
  • Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar.
  • Memudahkan guru untuk Memberi tugas kepada murid.
  • Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi murid.
  • Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang melaksanakan tugas diluar sekolah.
  • Selain itu, Orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan guru dan murid.
       Buku digital mempunyai berbagai macam format untuk pemformatan buku digital. diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Epub (Electronic publication)

Format ini merupakan format standar yang digunakan untuk buku berbentuk digital. Format ePub dapat dibuka dengan beragam perangkat eReader seperti iPhone, iPod Touch, iPad, Sony Reader dan beberapa perangkat lainnya. Selain itu, format ePub juga dapat dibuka di berbagai sistem operasi dengan bantuan aplikasi tertentu.
 









2. PDF (Portable Document Format)


Format buku berbentuk digital ini mudah dibuat dengan program-program yang biasa anda gunakan. Misalnya dengan menggunakan Microsoft Office 2007. Format PDF juga mudah dibuka dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader atau FoxIt Reader. Saat ini format PDF telah dikenal secara luas.









3. DjVu

Format DjVu digunakan khusus untuk dokumen-dokumen hasil scan. Kelebihan dari format ini adalah mampu menyimpan dan mampu menampilkan hasil scan dengan resolusi tinggi. Selain itu, ukuran file dari format ini relatif kecil meskipun banyak images didalamnya. Bahkan lebih kecil dari ukuran file Jpeg namun kualitas sama.











        Nah sekarang anda tahu mengenai materi buku digital atau biasa disebut dengan ebook. Sekian dari saya semoga ilmu ini bermanfaat bagi anda. Wassalam.
 
Previous
Next Post »