Metode-metode menginstal Sistem Operasi

Apakah Anda Tahu apa-apa saja Metode-metode menginstal Sistem Operasi???? Berapakah Metode-metode instalasi Sistem Operasi???
  
Assalamu'alaikum Wr.Wb. Berjumpa lagi dengan saya Ipad Padlan orang paling ganteng di muka bumi ini. Oke, kali ini saya akan berbagi kepada anda-anda semua tentang Metode-metode Instalasi Sistem Operasi. Berikut adalah metode-metode menginstal Sistem Operasi.

Metode-metode menginstal Sistem Operasi 

Sebuah OS di instal pada Hardisk dan di simpan pada sebuah partisi hardisk (biasanya di partisi C). Metode yang di pilih untuk instalasi ini didasarkan pada sistem perangkat keras, OS yang di instalkan dan kebutuhan si pengguna. Ada 4 pilihan dasar yang tersedia untuk instalasi OS yang baru, yaitu diantaranya :

  • Clean instal                
    Metode ini  dilakukan jika OS sebelumnya tidak bisa di upgrade, sehingga harus dilakukan pembersihan atau penghapusan OS sebelumnya dengan cara menghapus semua data pada partisi data OS(partisi C) yang sebelumnya dan membutuhkan software untuk menginstal OS yang baru, proses ini juga merusak OS sebelumnya.
  • Upgrade
Jika OS yang akan di instal masih dalam platfrom OS yang sama, kita hanya melakukan Upgrade, dengan Upgrade Sistem pengaturan configurasi aplikasi dan data tetap tersimpan, Metode ini hanya menggantikan File OS lama dengan File OS baru.


  • Multiboot
Metode ini dilakukan untuk menginstal lebih dari satu OS pada komputer ataupun laptop untuk membuat sistem multiboot, setiap OS terkandung pada partisi sendiri dan dapat memiliki File sendiri dan pengaturan Configurasi pada start-up, penggunaan disajikan dengan menu untuk memilih OS yang diinginkan. Hanya satu OS dapat berjalan pada waktu dan mengendalikan semua perangkat keras.
 OS (Operating Sistem) atau SO (Sistem Operasi) dengan perangkat komputer memang sangat erat berhubungan. Jika diibaratkan pada manusia, Sistem Operasi adalah Ruh/Arwahnya dan perangkat komputer adalah tubuh manusia. Tanpa adanya Sistem Operasi, Perangkat Komputer menjadi tidak berguna karena tidak bisa berjalan dengan baik. Mungkin itu saja yang dapat saya informasikan kepada anda semua. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
 

Previous
Next Post »