Pengertian Jaringan dan IP Address



Jaringan

Jaringan (network) adalah Sistem jaringan  yang menghubungkan satu buah komputer ke komputer lainnya untuk mencapai satu tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik titik (nodes) yang terhubung satu sama lain , tanpa menggunakan kabel. Pada dasar nya teknologi jaringan ini adalah perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.

1.Tujuan Jaringan 

  • Memungkinkan Management Sumber Daya Manusia lebih Efisien
Misal : Para Pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dan selain itu Lisensi perangkat jaringan dapat didapatkan dengan harga murah dibandingkan lisensi stand alone terpisah untuk pengguna yang sama serta berbagi pemakain Memory, CPU, dan Harddisk

  • Membantu Mempertahankan Informasi agar tetap Up-To-Date:                                         
Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

  • Membantu Mempercepat Proses Berbagi Data (Sharing) 

Transfer data pada jaringan akan lebih cepat daripada menggunakan sarana berbagi data lainnya yang bukan sutau jaringan.

2.Keuntungan Jaringan

 


 Keuntungan utama yang langsung terasa adalah : Internet , karena pada hakikatnya Internet itu  sendiri  adalah  serangkaian  komputer (ribuan bahkan jutaan komputer) yang saling terhubung satu sama lain. Berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini.


3.Kerugian Jaringan 

 

Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi. pembangunan jaringan meliputi berbagai aspek: pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, kemudian biaya untuk jasa pembangunan jaringan itu sendiri. Infestasi yang tinggi ini tentunya untuk perusahaan yang besar dengan kebutuhan akan jaringan yang tinggi. Sedangkan untuk pengguna rumahan biaya ini relatif kecil dan dapat ditekan. Tetapi dari awal juga jaringan harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada biaya overhead yang semakin membengkak karena misi untuk pemenuhan kebutuhan akan jaringan komputer ini.


IP Address

 

 IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain, pada jaringan LAN, IP Adalah singkatan dari Internet Protocol dan terdiri dari 4 Blok, setiap Blok di isi oleh angka 0 - 255. Contoh IP Address seperti 192.168.200.1 , 10.57.38.223 , ini adalah IPv4.

 

Kelas IP Address

 Sebenarnya kelas IP yang sering banyak digunakan hanya 3 yaitu kelas A,B dan C karena IP pada kelas D adalah untuk Multicasting sedangkan IP kels E untuk Eksperimen saja

KELAS A

 Pada kelas A 8 bit pertama adalah network Id, dan 24 bit selanjutnya adalah host Id, kelas A meiliki network Id dari ( 0 - 126).

  • KELAS B

 Pada kelas B 16 bit pertama adalah network Id, dan 16 bit selanjutnya adalah host Id, kelas B memiliki network id dari (128 - 191)

  • KELAS C

Pada kelas C 24 bit pertama adalah network Id, dan 8 bit selanjutnya adalah host Id, kelas C memiliki network id dari (192 - 223)

  • KELAS D

 IP kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255

  • KELAS E

 Memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.

 

Previous
Next Post »