Pemrograman Web

Hallo  sahabat scc semua, kembali lagi bersama saya yang akan membagi info penting mengenai Pemrograman Web.

Pengertian Pemrograman Web
Pemrograman Web diambil dari dua suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman berarti proses, cara, pembuatan program. sedangkan web diartikan sebagai jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks, grafik, suara, dan sumber daya lainnya melalui  hypertext transfer protokol (HTTP).

Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman web,diantaranya :

1. HTML (Hyper Text Markup Language) 
adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi didalam sebuah mesin pencari internet dan pemformatan hyperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Atau bisa dikatakan juga berkas yang dibuat dalam software pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Mulanya HTML adalah sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web.

2. PHP (Hypertext Preprocessor)
adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, meskipun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

3. ASP (Active Server Pages)
adalah salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft dan ASP bekerja pada web server.

4. XML (Extensible Markup Language)
adalah bahasa pemrograman web serbaguna yang direkomendasikan World Wide Web Consortium untuk mendeskripsikan berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda pada sebuah dokumen.

5. Javascript
Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Apabila kita ingin menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript maka kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

6. CSS (Cascading Style Sheets)
adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa pemrograman. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium.

Untuk membuat dokumen dengan bahasa pemrograman kita bisa menggunakan aplikasi seperti Macromedia Dreamweaver, Notepad, Turbo, dll.

Demikian sepenggal informasi dari saya semoga bermanfaat. Thanks For Read!!!

Previous
Next Post »